Artikel

Home > Artikel
 

 

Sesuatu Yang Baru Di Web 2.0


Diposting : 2017-02-24 oleh : WebHozz

Halo sobat Webhozz berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan  membagikan artikel mengenai sesuatu yang baru di web 2.0. Langsung aja yuk kita ke pembahasannya.

Web 2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali olh P’Reilly Media pada tahu 2003 dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 yang pertama di tahun 2004, serta merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web-seperti situs jaringan social, wiki, dan perangkat komunikasi.

O’Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumah seri konferensi dan sejak 2004, beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.

Walaupun kelihatannya menunjukkan versi baru dari web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan spesifikasi tkenis World Wide Web, tetapi lebih mengacu ke cara si pengembang system saat menggunakan platform web.

Secara singkat, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri aplikasi web 2.0 (diambil dari arrtikel What is web 2.0, yaitu :

The Web as Platform

Aplikasi web 2.0 menggunakan web (atau internet) sebagai platformnya. Platform di sini adalah tempat suatu aplikasi dijalankan. Contoh platform yang terkenal adalah Windows yang memiliki aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office dan Adobe Photoshop. Dengan menggunakan internet sebagai platform berarti aplikasi-aplikasi tersebut dijalankan langsung di atas internet dan bukan di atas satu system operasi tertentu. Contohnya adalah Google yang bisa diakses dari system operasi manapun. Contoh lainnya adalah Flickr yang juga bisa diakses dari system operasi manapun. Kelebihannya jelas, yaitu aplikasi-aplikasi web 2.0 ini tidak lagi dibatasi system operasi seperti pada Windows. Anda bahkan tidak perlu menginstal apapun untuk menggunakan aplikasi-aplikasi ini.

 

Harnesting Collective Intelligence

Aplikasi web 2.0 memiliki sifat yang unik yaitu memanfaatkan kepandaian dai banyak orang secara kolektif. Sebagai hasilnya, akan muncul basis pengetahuan yang sangat besar, yaitu hasil gabungan dari pengetahuan banyak orang. Contoh yang jelas adalah Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedi online yang memperbolehkan semua orang untuk membuat dan mengedit artikel. Hasilnya Wikipedia adalah ensiklopedi online terbesar yang sangat lengkap artikelnya,ahkan lebih lengkap daripada ensiklopedia komersil seperti Encarta. Contoh lainnya lagi adalah Del.icio.us, yaitu semua orang dapat saling berbagi link-link menarik yang mereka temukan. Akibatnya, kita bisa menemukan “permata-permata” di web gabungan hasil browsing dari ribuan orang. Blogosphere juga merupakan contoh kepandaian kolektif karena setiap orang bisa menulis di blog-nya sendiri-sendiri, lalu saling link satu sama lain untuk membentuk jaringan pengetahuan dan mirip seperti sel-sel otak yang saling terkait satu sama lain di dalam otak kita.

 

Data is the Next Intel Inside

Kekuatan aplikasi web 2.0 terletak pada data. Aplikasi-aplikasi internet yang berhasil selalu didukung oleh basis data yang kuat dan unik. Contohnya adalah Google, yang kekuatannya terletak pada pengumpulan dan manajemen data halaman-halaman web di internet. Contoh lainnya lagi adalah Amazon yang memiliki data buku yang bukan hanya lengkap, tapi juga sangat kayak dengan hal-hal seperti review, rating pengguna, link ke buku-buku lain, dan sebagainya. Intinya perusahaan yang unggul adalah perusahaan yang menguasai data.

 

End of the Software Release Cycle

Aplikasi web 2.0 memiliki sifat yang berbeda dengan aplikasi platform yang lama seperti Windows. Suatu aplikasi Windows biasanya dirilis setiap dua atau tiga tahun sekali, misalnya saja Microsoft Office yang memiliki versi 97, 2000, XP, dan 2003. Di lain pihak, aplikasi web 2.0 selalu di update terus-menerus karena sifatnya yang bukan lagi produk, melainkan layanan, misalnya Google yang selalu meng-update data dan programnya tanpa perlu menunggu waktu-waktu tertentu.

 

Lightweight Programming Models

Aplikasi web 2.0 menggunakan teknik-teknik pemrograman yang “ringan” seperti AJAX dan RSS. Hal tersebut memudahkan orang lain untuk memakai ulang layanan suatu aplikasi web 2.0 guna membentuk layanan baru. Contohnya adalah Google Maps yang dengan mudah dapat digunakan orang lain untuk membentuk layanan baru. Sebagai hasilnya, muncullah layanan-layanan seperti HousingMaps yang menggabungkan layanan Google Maps dengan Craiglist.  Layanan seperti ini (yang menggabungkan layanan dari aplikasi-aplikasi lainnya) dikenal dengan istilah Mashup.

 

Nah itulah pembahasan singkat mengenai sesuatu yang baru di web 2.0, semoga pembahasan artikel ini dapat membantu sobat Webhozz dalam mempelajari SEO (Search Engine Optimalization) dan dapat menambah pengetahuan sobat Webhozz semuanya. Sampai berjumpa lagi pada pembahasan artikel-artikel lainnya yang tentunya lebih menarik lagi.




Tag : kursus android, kursus web, kursus web design, kursus php, kursus website, lenovo, woocommerce, windows, excel, xampp, php, mysql, twitter, analytic, adwords, google, maps, seo, jquery, slider, browser, game, transition, animation, whatsapp, desktop, wireframe, desain, vps, css, aplikasi, html, javascript, captcha, form, kode, kaskus, autoscroll, codeigniter, processor, bootstrap, ios, wordpress, div, span, lollypop, background, marquee, behaviour, plugin, chaton, bitcoin, opencart, payment, post, get, tooltip, button, silverlight, webmaster, phonegap, facebook, html5, swicth, sass, bbm, alert, mvc, fungsi, mobile, loading, nokia, template, traffic, laravel, yii, jquerymobile, blogger, adobe, baidu, hosting, font, server, input, sticky, menu, tokoonline, prestashop, joomla, java, yahoo, angular, microsoft, responsive, generator, visitor, counter, flatdesign, kursus web design jakarta, kursus web design bandung, kursus website bandung, kursus php bandung, kursus android bandung, kursus java bandung, kursus web bandung, Aplikasi Ramadhan, Cara Membuat Website, Tempat Kursus Website Bandung, Manfaat Internet, Menggunakan Wireframe Web, multikolom, horizontal, ym, toko online, controllers, optimalisasi, landing page, DOM, multikolom, horizontal, ym, toko online, controllers, optimalisasi, landing page, DOM, kursus web jogja, kursus website jogja, kursus web design jogja, kursus web programming jogja, kursus php jogja, kursus android jogja, kursus android programming jogja, kursus java jogja, kursus webmaster jogja, kursus codeigniter jogja, kursus wordpress jogja, kursus seo jogja, kursus vb jogja, kursus sql server jogja, kursus game jogja, kursus website jakarta, kursus web design jakarta, kursus web programming jakarta, kursus webmaster jakarta, kursus php jakarta, kursus wordpress jakarta, kursus android jakarta, kursus seo jakarta, kursus java jakarta, kursus sql server jakarta, framework cordova, mengenal framework cordova, apa itu cordova, membuat aplikasi android dengan cordova, cordova android, aplikasi hybrid android, cordova vs phonegap, Kursus Website Surabaya, Kursus Web Design Surabaya, Kursus Webmaster Surabaya, Kursus PHP Surabaya, Kursus Wordpress Surabaya ,